Mengenal 5 Jenis Ragam Lakban dan Fungsinya

Megumiplastics.com- Mengenal 5 Jenis Ragam Lakban dan Fungsinya. Ada berapa jenis lakban yang pernah Anda gunakan untuk membantu pekerjaan Anda? Satu, dua??? Ternyata ada 5 jenis Lakban yang sekarang ini sudah dijual di pasaran. Berikut megumiplastics akan mengulas 5 jenis lakban dan fungsinya.

Istilah Lakban ternyata selama ini sudah dikenal dengan beberapa nama, yaitu isolasi dan selotip. Ada juga yang mengira bahwa lakban, isolasi dan selotip adalah barang yang berbeda. Ternyata ketiga nama tersebut menunjuk pada 1 barang yang sama.

Lakban, isolasi atau selotip adalah salah satu jenis perekat. Bentuk lakban ini memanjang yang dikemas dengan cara digulung dan memiliki penyangga dalam gulungannya. Bahan perekat ada pada bagian dalam lakban.

Jenis-jenis lakban

Lakban yang kita kenal biasanya digunakan untuk mengemas barang sebagai alat perekat yang membantu merekatkan bungkusan atau pengemasan agar barang tidak berceceran. Selain lakban yang kita tersebut, ternyata ada beragam jenis lakban yang memiliki manfaat khusus.

Jenis-jenis lakban ini mungkin kurang familiar di telinga Anda.Lakban juga berfungsi sebagai pengikat logam dan plastik, menambal area rusak suatu benda dan merekatkan kabel atau barang-barang lain yang terbuat dari bahan-bahan yang tidak umum. Bahkan, lakban juga digunakan dalam dunia medis. Lakban khusus yang digunakan dalam dunia medis adalah lakban untuk merekatkan perban atau pembalut lainnya.

Adapun lakban sebagai alat perekat ini terbuat dari berbagai macam bahan. Mulai dari plastik, kertas, kain, metal, dan alumunium. Tidak hanya itu, tergantung dari jenis dan kegunaan masing-masing, lakban tidak hanya berfungsi untuk merekatkan, tetapi juga diciptakan khusus untuk tujuan industri tertentu,

Masing-masing jenis lakban memiliki karakteristik yang berbeda. Ukuran, bahan dan daya rekat masing-masing jenis lakban berbeda. Satu jenis yang sama juga bisa saja memiliki ukuran dan daya lekat yang berbeda. Hal ini dipengaruhi oleh kualitas produk lakban tersebut .Berikut tujuh jenis lakban ini adalah jenis lakban yang paling sering terlihat di sekitar Anda. Tujuh jenis lakban ini merupakan jenis lakban yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

1.OPP Tape
Lakban yang berwarna bening ataupun coklat ini adalah jenis lakban yang paling umum dan paling populer. Lakban ini biasa digunakan untuk mensegel saat pengepakan. Terbuat dari bahan dasar polypropylene film dengan water base acrylic yang kuat, itu membuat lakban ini bisa menempel dengan erat dan kat di berbagai macam permukaan. Mulai dari kaca, kayu, karton, kertas, besi, dan plastik.

Lakban OPP Tape

2.Stationery Tape
Memiliki fungsi dan bahan yang mirip, membuat stationery tape ini sering digolongkan ke dalam lakban jenis OPP packing tape. Namun faktanya, stationery tape ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan OPP packing tape dan terbuat dari bahan polypropylene film coated dengan perekat berupa lem water base acrylic resin. Oleh karena itu, stationery tape ini lebih banyak digunakan pada pekerjaan yang lebih kecil, seperti pada rumah tangga, kantor, kerajinan, sekolah, dan lain sebagainya.

3.Masking tape
Masking tapes adalah jenis lakban yang terbuat dari kertas krep tipis dengan perekat yang mudah dilepaskan. Dikarenakan mudah untuk disobek dan dilepas, lakban ini pun tidak meninggalkan bekas pada permukaannya. Lakban masking tape ini biasanya digunakan terutama dalam lukisan, untuk menutupi permukaan yang tidak boleh dicat. Tidak hanya itu, masking tape ini juga banyak digunakan pada beberapa industri, seperti pada industri otomotif, arsitektur, untuk kebutuhan pengerasan, penyegelan, dan perataan. Ini tersedia dalam berbagai ukuran lebar.

4.Cloth Tape
Cloth tape atau atau yang biasa dikenal dengan lakban hitam adalah salah satu jenis lakban yang mudah ditemukan di pasaran. Lakban ini merupakan perlengkapan alat tulis kantor yang berguna untuk menjilid buku, makalah, dan lainnya. Ini juga tidak jarang digunakan sebagai alat perekat pengemasan barang. Terbuat dari bahan kain katun dengan permukaan luar yang dilapisi dengan PE dan permukaan dalamnya dilapisi natural rubber resin, lakban ini pun memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik terhadap cuaca dan tidak mudah sobek.

5.Double tape
Untuk Anda yang senang menempel poster di dinding pasti sudah tak asing dengan jenis lakban yang satu ini. Lakban ini terbuat dari bahan kertas yang kedua sisinya dilapisi acrylic base adhesive, sehingga kedua sisinya bisa menempel pada berbagai permukaan. Mulai dari plastik, kayu, kaca, hingga besi. Double tape ini dapat digunakan untuk berbagai bidang, seperti elektronik, perkantoran, industri percetakan, sekolah, dan lain-lain.

Demikian tadi beberapa penjelasan mengenai Mengenal 5 Jenis Ragam Lakban dan Fungsinya. Bagi Anda yang sedang mencari produk OPP tape, lakban bening, coklat dan berwarna berkualitas, maka Anda dapat menghubungi Megumiplastics.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!