Pallet Kayu | Arti, Fungsi, Jenis Pallet Kayu

Megumiplastics.com Pallet Kayu | Arti Fungsi Jenis Palet Kayu Apa itu pallet kayu. Pallet adalah struktur yang datar sebagai alas atau tatakan terbuat dari bahan kayu. Pallet kayu ini dibuat dari potongan kayu yang di susun menggunakan paku membentuk sebuah bidang persegi yang memiliki dimensi panjang, lebar dan tinggi.

 

pallet kayu, jenis, fungsi

Strukturnya yang datar membuatnya stabil untuk diangkat dengan forklift, truk. Barang yang akan dikirim diletakkan diatas pallet, di wrapping dengan stretch film dan diikatkan ke pallet tersebut menggunakan strapping band.

Sebagian besar pallet terbuat dari kayu, tetapi ada pallet yang dibuat dari plastik, logam, kertas, dan bahan daur ulang. Setiap bahan memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing, tergantung kegunaan yang dicari atau dibutuhkan. Pallet kayu dikatakan sebagai kombinasi yang tepat dengan berat, kekerasan, durabilitas, densitas dan harga yang pas.

Jenis-Jenis Pallet Kayu

Pallet kayu selain terbuat dari bahan-bahan lain seperti plastik, logam, dan kayu, juga terdiri dari berbagai jenis dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda. Untuk lebih jelasnya, jenis pallet kayu dibagi menjadi 11 macam, yaitu:

1.Block pallet
Merupakan tipe pallet dengan blocks diantara pallet decks atau dibawah top deck. Dapat diangkut dari keempat arah. Dek atas disanggah oleh 12 kolom.

2.Double-face pallet
Pallet yang terdiri dari dek atas dan bawah. Kedua sisinya dapat digunakan. Pallet jenis ini kuat dan bisa digunakan untuk mengangkut beban yang sangat berat.

3.Double-wing pallet
Merupakan pallet dengan papan dek atas dan bawah yang memanjang melebihi tepi papan stringers untuk memberikan luas tambahan. Pallet ini cocok untuk mentransportasi barang dalam jumlah yang banyak sekaligus.

4.Flush pallet
Merupakan pallet dengan dek flush dan stringers, stringer-boards atau block sepanjang sisi pallet

5.Four-way stringer pallet
Merupakan pallet dengan lubang atau jarak di kedua ujung pallet dan sepanjang tepinya sehingga cukup untuk tangan forklift

6.Non-reversible pallet
Merupakan pallet yang memiliki dek konfigurasi di bawah, yang berbeda dari dek atas

7.Reversible pallet
Merupakan pallet dengan dek atas dan bawah yang identik

8.Single-wing pallet
Merupakan pallet yang terdiri dari dek atas yang memanjang melebihi tepi stringers atau stringer-board dengan botton deck boards flush

9.Skid pallet
Merupakan pallet yang tidak memiliki dek bawah

10. Solid deck pallet

Merupakan pallet yang didesain tanpa jarak antar dek

11.Two-way entry pallet
Merupakan pallet yang hanya dapat dimasuki dari ujungnya karena terdapat un-notched solid

Fungsi Pallet Kayu
Pallet digunakan untuk menumpuk, menyimpan, melindungi dan mentransportasi barang atau material yang biasanya diangkut menggunakan forklift, dan sebagainya.

Dengan menggunakan pallet kayu, kita ikut mendaur ulang bahan yang dapat membantu menjaga ekosistem sehingga kita ikut berperan dalam menyelamatkan bumi dari sampah.

Dalam packaging, pallet adalah bagian penting dari alat logistik. Beberapa sifat dari pallet kayu adalah kuat, durabilitas tinggi, bisa ringan atau berat, dan mampu membawa atau menahan beban berat. Pallet kayu biasanya digunakan di e-Commerce, usaha eceran, ekspor, logistik, dan Fast-Moving Consumer Goods (FMCG).

Jenis Kayu Untuk Pembuatan Pallet
Ada 2 jenis kayu yang paling umum digunakan untuk membuat pallet, yaitu southern yellow pine (SYP) dan oak. Penelitian yang dilakukan oleh United States Department of Agriculture (USDA) dan Virginia Tech menunjukkan bahwa 18,9% pallet dibuat dari Southern Yellow Pine dan oak sebanyak 17,1% berdasarkan volumenya. Oak dan SYP memiliki beberapa spesies yang menentukan klasifikasi kayu berdasarkan densitasnya.

SYP atau pine lumber sering digunakan untuk membuat pallet karena ketersediaannya yang banyak dan murah. Kayu southern yellow pine atau SYP juga bisa dilakukan Klin Dry, yaitu proses pengeringan yang dilakukan di ruangan dengan pemanas yang suhunya ditinggikan untuk mengeringkan kayu tersebut, kemudian menjadi produk yang bersih atau steril untuk digunakan dengan industri yang berhubungan dengan farmasi atau makanan.

Sedangkan oak sering digunakan karena kekuatan dan ketersediannya. Kayu oak sisa yang kualitasnya rendah biasanya digunakan untuk membuat pallet. Oak juga merupakan salah satu spesies kayu yang kuat dan karena kekuatannya itu, banyak yang menemukan bahwa dengan menggunakan oak, pallet bisa dibuat dengan struktur yang tipis tetapi memiliki kekuatan yang tinggi.

Membeli pallet kayu juga perlu diperhatikan karena pallet terkadang sudah terpapar bahan kimia yang bermacam-macam, terpapar jamur dan lainnya. Pada pallet kayu yang baru-baru ini biasanya diberi stempel Heat Treated (HT), yang artinya sudah diproses dengan bahan-bahan kimia sehingga bebas dari jamur dan hewan-hewan lainnya. Karena sudah diberi bahan-bahan kimia untuk pembersihannya, pallet kayu sebaiknya tidak digunakan sebagai kayu bakar.

Jual Pallet Kayu Terbaik
Mau beli pallet tapi takut kualitas pallet kurang bagus? Jangan khawatir! Langsung saja ke Megumiplastics, kami menjual berbagai jenis pallet kayu yang murah, berkualitas dan aman.

Sebagai jasa penyedia pallet terpercaya, kami pastikan bahwa Anda mendapatkan pelayanan terbaik dari kami. Jangan pernah ragu dengan kualitas prodok pallet kami karena menerapkan standar kualitas ekspor. Selain itu kami juga menyediakan sertifikasi ISPM #15, sehingga kami pastikan bahwa produk pallet kami benar-benar berkualitas dan pastinya sangat terpercaya. Terima kasih telah menbaca Pallet Kayu | Arti Fungsi, Jenis Palet Kayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!