Cara Packing Barang Elektronik dengan Aman

Megumiplastics.com – Tips Packing Barang Elektronik dengan Aman – Kemasan elektronik bisa dibilang yang paling kompleks di antara semua tingkat kemasan karena membutuhkan teknik dan keahlian khusus untuk menghasilkan desain kemasan elektronik yang optimal.

Cara Packing Barang Elektronik dengan Aman

Saat mengirimkan barang elektronik, pengiriman yang aman adalah kunci agar barang tersebut sampai dengan baik. Getaran dan benturan selama pengangkutan dapat dengan mudah merusak konten yang rapuh, sehingga Anda harus berurusan dengan pengembalian atau penukaran.

Desain kemasan elektronik yang bagus harus mempertimbangkan perlindungan dari suhu ekstrem, pelepasan muatan listrik statis, kerusakan mekanis, dan emisi kebisingan frekuensi tinggi. Pada artikel ini, kita akan menjelajahi kemasan elektronik dan bagaimana Anda dapat memastikan bahwa barang elektronik Anda dikirim dengan aman.

1. Memilih kotak yang tepat untuk barang elektronik Anda

Mirip dengan dinding yang mengelilingi kastil, kotak kardus adalah garis pertahanan pertama untuk melindungi elektronik Anda. Tak perlu dikatakan bahwa penting untuk memulai dengan memilih kotak yang tepat untuk barang elektronik yang Anda kirim. Tak seorang pun ingin menerima elektronik yang telah hancur atau rusak selama transit.

Jadi, bagaimana Anda bisa memastikan bahwa Anda telah memilih kotak yang benar? Yang terbaik adalah menggunakan kotak bergelombang ganda yang baru, karena bahkan kotak bekas yang tampak dalam kondisi baik dapat memiliki kelemahan tersembunyi.

Ukuran juga penting untuk dipertimbangkan karena jika kotak terlalu besar, produk di dalamnya dapat bergerak dan berakhir rusak, dan jika terlalu kecil maka barang elektronik dapat menekan sisi kotak dan akhirnya hancur.

2.Gunakan kemasan elektronik pelindung

Untuk lebih memastikan barang elektronik Anda tidak rusak, sebaiknya pastikan untuk memisahkan barang-barang tersebut. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membungkusnya satu per satu sebelum memasukkannya ke dalam kotak pilihan Anda.

Lapisan bubble wrap yang tebal adalah salah satu pilihan yang paling aman, memastikan bahwa semua tepi juga tertutup untuk mencegah kotak terkelupas atau tertusuk. Dengan menutupi elektronik Anda dalam bungkus gelembung, Anda juga akan menjaga mereka aman dari listrik statis dan panas berlebih.

Tentu saja, cara lain adalah melalui desain kotak itu sendiri. Kotak karton dapat dilipat untuk melindungi barang elektronik Anda dari kerusakan.

Setelah ditempatkan di dalam kotak, mengisi ruang yang tersisa dengan Paper Voidfill akan membantu memberikan bantalan ekstra dan mencegah barang elektronik Anda bergerak.

3.Gunakan Stretch film

Stretch film atau plastik wrapping barang adalah plastik tipis elastis yang digunakan untuk membungkus produk yang telah dipacking sehingga terlindungi dari debu, air serta gesekan-gesekan kecil yang disebabkan saat proses pemindahan atau pengiriman. Baca juga mengapa menggunakan stretch film.

4.Gunakan Packing Kayu

Untuk barang elektronik seperti TV, laptop, kamera dan sejenisnya yang ukurannya lebih besar, maka disarankan setelah packing rapi terakhir gunakan packing kayu. Packing kayu lebih kokoh dan aman dari guncangan ketimbang menggunakan bubble wrap saja.

Sebelum di packing menggunakan kayu, Anda tetap perlu melapisi elektronik dengan bubble wrap. Tujuannya tentu agar lebih tahan dari guncangan. Tak hanya barang elektronik ukuran besar saja yang perlu menggunakan packing kayu, namun untuk barang yang dikirim ke tempat yang jauh pun demikian.

5.Label untuk elektronik Anda

Saat kotak disegel, yang tersisa untuk ditambahkan hanyalah label pengiriman yang relevan. Misalnya, Anda mungkin ingin menambahkan label seperti ‘mudah pecah’, ‘tangani dengan hati-hati’ atau ‘ke atas’ ke paket Anda untuk memastikan kurir mengetahui bagaimana paket harus ditangani. Yang terbaik juga adalah menempatkan label dalam kantong plastik untuk melindunginya agar tidak terkelupas dalam kondisi cuaca buruk.

6.Gunakan Tatakan Pallet Plastik

Pallet plastik ini selain digunakan sebagai tatakan atau alas produk yang di packing, juga digunakan untuk memudahkan material handling mengangkat dan memindahkannya. Agar antara produk yang telah dipacking dengan pallet tidak mudah bergeser bisa di ikat dengan strapping band.

Demikian tadi Cara mengirim barang elektronik Anda dengan aman. Untuk packing barang elektronik memang lebuh baik berlapis sehingga barang akan lebih aman sampaki di tujuan. Baca juga mengenal 6 produk packaging yang digunakan Industri.

error: Content is protected !!