Cara Packing Barang Agar Aman Sampai Tujuan Di Luar Negeri

Megumiplastics.com – Cara Packing Barang Agar Aman Sampai Tujuan Di Luar Negeri. Saat mengirim barang ke luar negeri biasanya dibutuhkan waktu perjalanan cukup lama, oleh karena itu perlu dukungan sistem packingan yang aman agar barang sampai ke alamat tujuan dengan selamat.

Inilah yang seharusnya dilakukan oleh pengirim barang dengan melakukan packing terbaik agar barang aman sampai tujuan di luar negeri. Karena biasanya meskipun kita sudah melakukan packingan dengan baik sekalipun, pada kenyataannya ketika barang sampai alamat tujuan, barang tersebut masih mengalami kerusakan.

Terutama bila pengirimannya dilakukan menggunakan jasa kurir yang kita tidak tahu kapan pengiriman tersebut dilakukan dan bagaimana pengirimannya. Sebagai jasa pengiriman barang pastinya kita perlu mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi.

Packing atau pengemasan barang yang aman bisa dilakukan dengan cara berikut :

Pastikan Barang Yang Akan Dikirimkan Dalam Keadaan Baik Dan Sesuai Pesanan
Sebelum Anda melakukan packing, sebaiknya Anda periksa:
a.Pastikan barang yang dikirimkan sesuai dengan pesanan.
b.Pastikan barang dalam keadaan bagus dan dalam keadaan baik
c.Perhatikan jenis barang yang akan dikirimkan apakah barang tersebut membutuhkan packingan khusus atau tidak. Bila membutuhkannya Anda bisa siapkan pelindung misalnya packing kayu, atau kardus dan lain-lain.

Packing Barang Yang Akan Dikirimkan Dengan Bahan Pelindung
Saat barang mulai di packing perhatikan hal-hal berikut ini:
a.Lapisi barang dengan Bubble wrap, Styrofoam atau Busa untuk menahan guncangan barang saat pengiriman
b.Pastikan tidak ada ruang kosong untuk meminimalkan pergerakan barang saat dikirim
d.Pastikan kemasan produk cukup kuat dan tidak rusak saat terkena air atau benda-benda tajam saat proses pengiriman. Kalau menggunakan kardus, tutup rapat dengan Opp Tape sehingga lebih rapi.
e.Gunakan plastik wrapping atau stretch film untuk melindungi paket dari air, kotoran dan juga goresan karena terbentur saat proses pengiriman
f.Saat menyerahkan paket ke kurir atau agen, pastikan sekali lagi bahwa barang dalam keadaan sudah layak untuk dikirim

Packing barang dengan stretch film

Sertakan alamat tujuan pengiriman yang lengkap beserta nama pengirim untuk memastikan barang sampai ke alamat yang dituju. Jangan lupa sertakan anjuran untuk membawanya dengan hati-hati bila barang yang dikirimkan tersebut mudah pecah.

Untuk pemilihan kardus, gunakan kardus yang memiliki kualitas bagus dan berbahan kuat serta hindari menggunakan kardus bekas agar kardus tidak kehilangan kekuatannya serta terhindar dari kerusakan, mudah penyok bahkan sobek.

Gunakan kemasan kayu untuk barang yang mudah pecah dan makanan. Jika kita ingin mengemas barang yang mudah pecah maka kita perlu mempertimbangkan untuk menggunakan packing kayu di bagian luar . Disamping lebih kuat tentu packing kayu lebih aman khususnya untuk barang yang mudah pecah.

 

Packing barang dengan strapping band dan stretch film

Selain barang mudah pecah, packing kayu juga disarankan untuk mengemas makanan, barang yang memiliki nilai tinggi seperti CPU, Laptop, Komputer, dan sejenisnya.
Packing kayu memiliki kelebihan perlindungan yang tidak mudah rusak dan berkarakteristik kuat serta tahan terhadap tumpukan.

Untuk Menghindari Barang Hilang atau Rusak, Gunakan Layanan Asuransi
Jasa kurir umumnya memiliki layanan asuransi yang dapat digunakan oleh seller atau pengguna jasa. Hal ini sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, bila asuransi tersebut diaktifkan maka barang akan lebih terjamin keamanannya. Ini juga cocok untuk digunakan sebagai pelindung jika hal-hal buruk seperti barang hilang atau rusak terjadi, semua bisa dipertanggung jawabkan lewat asuransi.

Carilah Ekspedisi Yang Sekiranya Memberikan Layanan Repacking
Begitu banyak jasa ekspedisi pengiriman barang ke luar negeri, pastikan Anda gunakan jasa ekspedisi yang memberikan layanan repacking. Dengan adanya packing ulang ini akan membuat packingan menjadi lebih aman lagi sesuai dengan standar ekspedisi.

Bungkus atau Lapisi produk secara berlapis
Agar produk tetap aman saat dalam perjalanan, tidak ada salahnya untuk kita memberikan perlindungan ekstra yang berlapis pada barang tersebut. Sebagai contohnya, kita bisa membungkus produk dengan bubble wrap dan selanjutnya dilapisi dengan karton atau kertas kardus dibagian luarnya. Namun jika dalam satu kardus terdapat beberapa produk, usahakan setiap produk dilapisi bubble wrap dan pastikan tidak ada celah didalam kardus tersebut, sehingga tidak terjadi benturan antara satu produk dengan produk lainnya.

Menempelkan Stiker Peringatan
Bagi kamu yang akan mengemas barang yang mudah pecah tentu jangan lupa untuk menempelkan stiker peringatan bahwa barang tersebut mudah pecah ataupun patah ( Fragile ) agar kurir dari ekspedisi yang digunakan lebih berhati-hati saat mengirim barang.
Ada banyak sticker yang bisa didapatkan di toko-toko terdekat terkait stiker untuk pengemasan barang tersebut.

Pilih Jasa Pengiriman yang tepat dan terpercaya
Hal ini tentu berkaitan dengan jasa pengiriman yang tepat dan terpercaya. Karena barang yang akan kamu kirim akan berpengaruh terhadap kondisi pada saat barang itu diterima. Pastikan sebelum memilih jasa pengiriman, perhatikan dulu ulasan ulasan yang diberikan dari pembeli dan sebagainya.

Semoga tips Cara Packing Barang Agar Aman Sampai Tujuan Di Luar Negeri bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!